Mengapa gigi berubah warna?



Perubahan warna gigi dapat disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Faktor ekstrinsik
Perubahan warna gigi disebabkan oleh konsumsi makanan/ minuman berwarna secara berkepanjangan, seperti kopi teh, sirup, dll. Partikel warna yang terdapat pada makanan/ minuman tersebut lama-kelamaan menumpuk pada permukaan gigi dan menyebabkan perubahan warna kuning hingga kecoklatan.
Perubahan warna gigi oleh karena faktor ekstrinsik ini dapat dikoreksi dengan metode bleaching dengan baik karena sifatnya yang superfisial.

2. Faktor intrinsik
Perubahan warna gigi dapat disebabkan oleh gangguan pada saat pembentukan struktur gigi (mottled enamel, enamel hypoplasia, dentin hypoplasia, penggunaan obat tertentu seperti tetrasiklin) maupun setelah gigi erupsi (perdarahan pulpa akibat trauma, bahan perawatan saluran akar, dan bahan restorasi gigi). Perubahan warna gigi oleh karena faktor intrinsik lebih sulit dikoreksi dengan metode bleaching dan seringkali membutuhkan prosedur yang lebih kompleks untuk mendapatkan hasil yang optimal.

mottled enamel oleh karena fluorosis

perubahan warna gigi oleh karena penggunaan tetrasiklin pada masa pembentukan gigi


3. Faktor penuaan
Warna gigi seseorang ditentukan oleh warna dentin. Seiring dengan bertambahnya usia, chroma pada warna dentin menjadi semakin pekat sehingga warna gigi yang dulunya cenderung putih dengan sedikit nuansa kekuningan menjadi lebih kuning dan gelap.