Pentingkah Membersihkan Karang Gigi?



Apa sih sebenarnya karang gigi?

Karang gigi merupakan istilah awam untuk calculus, yang pada awal pembentukannya merupakan kumpulan plak yang terbentuk oleh karena pengelupasan lapisan mukosa rongga mulut, debris sisa makanan, maupun sel-sel bakteri, dan mengalami pengerasan oleh karena akumulasi mineral yang terdapat dalam air ludah (saliva).

Apakah karang gigi dapat dibersihkan dengan cara menyikat gigi?

Berbeda dengan plak yang merupakan deposit lunak, karang gigi biasanya tidak dapat hilang dengan cara menyikat gigi seperti biasa. Untuk menghilangkan karang gigi, dokter gigi akan menggunakan alat khusus yang disebut dengan scaler, tentunya dengan cara yang tidak menimbulkan rasa sakit sehingga aman serta efisien untuk pasien.

Apakah konsekuensi bila karang gigi dibiarkan saja?

Karang gigi merupakan zona retensi bakteri. Selain tentunya menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, karang gigi dapat menimbulkan komplikasi seperti:

1. Gusi mudah berdarah

Ada banyak penyebab gusi menjadi mudah berdarah, terutama saat menyikat gigi. Selain dapat disebabkan oleh gangguan sistemik (kurang vitamin C atau penyakit sistemik lainnya), penyebab terbanyak dari kasus gusi mudah berdarah adalah karang gigi. 

2. Resesi gusi

Karang gigi dapat menyebabkan gusi turun sehingga akar gigi tersingkap. Biasanya, juga disertai dengan keluhan gigi terasa sensitif saat mengonsumsi makanan/ minuman dingin. Akar gigi yang terekspos juga lebih rentan terhadap trauma karena hanya dilapisi dengan sementum yang tidak sekeras enamel. Tekanan yang terlalu kuat saat menggosok gigi dapat menyebabkan daerah leher gigi yang terekspos ini cepat mengalami abrasi/ aus dan cekung.

3. Gigi goyang dan tanggal secara spontan

Tahukah Anda bahwa masalah sepele seperti karang gigi dapat menyebabkan Anda kehilangan gigi, baik secara spontan maupun karena percabutan (yang terpaksa dilakukan karena derajad kegoyangan sudah sedemikian parah)?
Seperti yang sudah saya paparkan di atas, karang gigi merupakan zona retensi yang amat baik untuk bakteri dapat berkembang biak. Produk toksin yang dihasilkan bakteri dapat merusak jaringan penyangga gigi, yaitu jaringan periodontal dan tulang di bawahnya. Bila ketinggian tulang berkurang, maka struktur tulang yang menyangga gigi pada saat menerima beban kunyah pun juga berkurang. Lama-kelamaan gigi akan menjadi goyang.

Demi kesehatan gigi & mulut, Anda tidak perlu khawatir untuk mengunjungi dokter gigi untuk membersihkan karang gigi. Proses pembersihan karang gigi tidak menimbulkan rasa sakit dan relatif memakan waktu singkat. 

Sebelum karang gigi dibersihkan:


Setelah karang gigi dibersihkan:


Kemerahan pada gusi merupakan keradangan yang disebabkan oleh karang gigi dan akan sembuh perlahan-lahan setelah karang gigi dihilangkan.