Gigi nyeri sesaat setelah ditambal


Pernahkah Anda mengalami nyeri gigi justru setelah gigi Anda selesai ditambal?



Derajad rasa nyeri ini biasanya bervariasi mulai dari sedikit sensitivitas saat mengonsumsi makanan/ minuman dingin hingga sedikit rasa sakit bila gigi dibuat mengunyah.

Hal ini merupakan sesuatu yang normal dan dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti:


1. Trauma yang dialami gigi selama proses penambalan

Pada saat prosedur penambalan akan dilakukan, biasanya dokter gigi akan membersihkan lubang gigi dengan bur khusus. Selain itu, digunakan bahan asam untuk membantu perlekatan bahan tambal pada gigi. Panas/ gesekan yang dihasilkan oleh bur dan sifat bahan asam ini dapat mengiritasi jaringan saraf yang ada di dalam gigi dan mengakibatkan keradangan sementara yang menimbulkan sedikit rasa nyeri. Rasa nyeri ini normal dan akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 2-6 minggu.

2. Tambalan terlalu tinggi.

Penempatan tambalan yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan gigi tersebut kontak terlebih dahulu dengan gigi antagonisnya dibandingkan dengan gigi-gigi lain pada saat mengunyah. Bila dibiarkan, maka jaringan periodontal gigi tersebut akan mengalami injuri sehingga gigi tersebut akan terasa sakit bila digunakan untuk mengunyah. Untuk mengatasi hal tersebut, dokter gigi akan memeriksa gigitan dan menyesuaikan kembali tinggi tambalan. Bila jaringan periodontal telah pulih, maka rasa nyeri pada saat mengunyah juga akan menghilang.

3. Terdapat lubang lain di sekitar gigi tersebut.

Ada kalanya bila pasien memiliki beberapa karies di gigi-gigi yang berdekatan atau memiliki penyakit periodontal yang aktif, sulit bagi pasien untuk mendiferensiasi dari gigi manakah rasa sakit itu berasal. Hal ini disebabkan karena jaringan saraf di dalam setiap gigi saling berhubungan melalui satu cabang saraf besar. Bila Anda mengalami rasa nyeri pada satu gigi tertentu, mungkin saja rasa nyeri itu sebenarnya disebabkan oleh gigi Anda yang lain.


Bila Anda mengalami hal ini, jangan ragu untuk mengunjungi kembali dokter gigi Anda. Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan dan penyesuaian yang diperlukan sehingga gigi Anda akan terasa nyaman kembali.