Let's Clean Out Those Canals!


Apa yang dimaksud dengan Root Canal Treatment?

Root Canal Treatment, atau biasa diterjemahkan sebagai Perawatan Endodontik, adalah prosedur perawatan untuk membuang jaringan saraf dan pembuluh darah (jaringan pulpa) yang mengalami keradangan/ infeksi, membersihkan saluran akar gigi, dan menutupnya.


Kapan Root Canal Treatment ini dibutuhkan?

Pada beberapa kasus di mana jaringan pulpa mengalami keradangan (irreversible pulpitis) yang dapat disebabkan antara lain oleh:
- infeksi bakteri oleh karena karies yang dalam
- keretakan gigi (cracked teeth)
- trauma (misal: benturan)

Mengapa dilakukan Root Canal Treatment?

Pada kasus-kasus tersebut, biasanya keadaan ini disertai dengan munculnya rasa nyeri sehingga pasien terdorong untuk meminum obat penghilang nyeri (analgesik). Namun, analgesik hanya mengatasi rasa sakit saja, BUKAN mengobati PENYEBAB dari rasa sakit tersebut. Yang sering terjadi adalah rasa sakit ini mereda setelah pasien mengonsumsi analgesik sehingga beranggapan bahwa masalah giginya telah terobati.

Apabila gigi yang telah mengalami infeksi ini dibiarkan saja, dapat berpotensi mengakibatkan abses gigi, yang dapat berujung pada pencabutan gigi. Abses gigi yang tidak diatasi dapat berpotensi mengakibatkan gangguan kesehatan yang sangat serius.

Prosedur RCT bertujuan untuk mempertahankan gigi yang telah mengalami infeksi tersebut dalam keadaan steril dan menghindari pencabutan gigi yang dapat menyebabkan disharmoni hubungan antara gigi-geligi.

Setelah prosedur RCT ini selesai dilakukan, diberikan restorasi yang sesuai sehingga bentuk gigi kembali seperti asli dan gigi dapat berfungsi normal dan nyaman digunakan.